Riset
- 2024
MOTIVASI PENGGUNAAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM UNTUK PENGEMBANGAN USAHA
Penulis:Arieyanti Dwi Astuti, Herna Octivia Damayanti, Ahmad Nashiruddin
Bidang: Bidang perekonomian dan sumber Daya alam (PSDA)
Publikasi: Non Jurnal
Di Kabupaten Pati, peran UMK di Kabupaten Pati dinilai cukup strategis. Salah satu faktor untuk meningkatkan kapasitas usaha mikro adalah penggunaan teknologi informasi. tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui gambaran umum usaha mikro di Kabupaten Pati; (2) mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi motivasi penggunaan digital marketing pada usaha mikro di Kabupaten Pati; dan (3) merumuskan rekomendasi strategi. Waktu penelitian dilakukan selama 10 (sepuluh) yaitu bulan Januari-Oktober 2024 dengan lokasi penelitian di Kabupaten Pati. Pengambilan data dilakukan pada usaha skala mikro sebagai objek penelitian dan dilakukan secara random sampling. Terdapat 2 kemungkinan hasil perolehan data yaitu (1) objek penelitian sudah menggunakan digital marketing dan (2) objek penelitian belum menggunakan digital marketing. Sampel penelitian faktor yang mempengaruhi motivasi penggunaan digital marketing sebanyak 100 responden. Responden penelitian strategi sebanyak 15 orang. Analisis data dengan Multiple Linier Regression, AHP dan expert choice 11.0. Hasil penelitian yaitu (1) gambaran umum usaha mikro di Kabupaten Pati sudah mengenal dan menerapkan digital marketing. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi penggunaan digital marketing pada usaha mikro offline yaitu teknologi, lingkungan dan individu (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi penggunaan digital marketing pada usaha mikro online yaitu transaksi dan evaluasi. (4) Prioritas strategi untuk meningkatkan motivasi penggunaan digital marketing pada usaha mikro offline yaitu (a) kriteria input yaitu kualitas SDM; (b) kriteria proses yaitu kecepatan pelayanan; (c) kriteria output yaitu akses internet yang baik. (5) Prioritas strategi untuk meningkatkan motivasi penggunaan digital marketing pada usaha mikro online yaitu Peningkatan design dan tampilan produk yang menarik